Sabtu, 27 Desember 2014

Review Komik Tokkyu!!



Sumber: http://elexmedia.multiply.com/reviews/item/928
Selama ini kebanyakan orang menganggap komik hanyalah bacaan untuk hiburan semata, karena cerita yang dibuat merupakan imajinasi dari pembuatnya. Tetapi, hal itu tidaklah sepenuhnya benar karena banyak cerita dari komik yang mengharuskan pembuatnya melakukan reset terlebih dahulu jika ingin membuat suatu tema tertentu. Salah satunya adalah komik Tokkyu!!.
Tokkyu!! adalah komik dari Jepang yang dibuat oleh Yoichi Komori dan Mitsuro Kubo yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 oleh Kodansha Ltd. dan tamat pada volume ke 20. Tokkyu! menceritakan tentang seorang pemuda berumur sekitar 20 tahun bernama Hyogo Kanbayashi yang pada awalnya bekerja sebagai anggota pasukan penyelam di Kapal Patroli Shiraha ingin menjadi pasukan elit penyelamatan Tokushukyuunantai (Special Rescue Team) yang disingkat menjadi Tokkyu. Penyelamatan yang dilakukan mirip seperti tim SAR di Indonesia, tetapi ruang lingkup mereka hanya ditempat yang berair seperti di laut, sungai, bendungan atau banjir sekalipun.
Pada komik ini diceritakan bagaimana perjuangan Hyogo dalam mewujudkan impiannya. Dari seseorang yang tidak bisa berenang ia berusaha agar bisa menjadi anggota pasukan penyelam yang jumlahnya sangat sedikit dan ditempatkan di Kapal Patroli Shiraha. Ketika Hyogo mendapatkan penyelamatan musibah laut pertamanya ternyata musibah tersebut sangat sulit untuk dilakukan karena kapal nelayan tersebut terbalik dan disekelilingnya banyak benda-benda mengapung sehingga sulit melakukan penyelamatan. Ketika Hyogo merasa dirinya tidak berguna karena tidak bisa menyelamatkan seorang nelayan yang masih berada didalam kapal, tiba-tiba datanglah sebuah helikopter yang membawa satu regu Tokkyu untuk melakukan penyelamatan.
Sumber: http://www.goodreads.com/book/show/15825097-tokkyu-vol-20
Hyogo kemudian menjadikan Jin Sanada (Ketua Regu 3 di Tokkyu) sebagai panutannya dan mengejarnya sampai ke Tokkyu. Di Tokkyu Hyogo mengalami masa suka dan duka bersama teman-temannya (terlebih ketika masih berada di pasukan anak ayam). Terdapat kejadian-kejadian konyol yang bisa membuat kita tertawa, maupun kejadian-kejadian yang menengangkan ketika sedang melakukan penyelamatan, dan juga beberapa yang menyedihkan sampai-sampai pembaca bisa dibuat mengikuti emosi yang dibuat oleh cerita tersebut. Dan juga pada salah satu ceritanya Jin Sanada dikirim ke Indonesia untuk membuat regu penyelamat khusus daerah perairan atau laut.
Selain itu terdapat Tokkyu!! Answer yang merupakan jawaban dari berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan penyelamatan pada air, seperti cara penanganan ketika terbawa arus dilaut, cara agar bisa menjadi pasukan penyelam, dll. Selain itu terdapat Real Tokkyu!! yang merupakan catatan peliiputan data dari Mitsuro Kibo untuk mendapatkan gambaran seperti apa pasukan penyelam dan Tokkyu melakukan pekerjaannya yang dikemas dengan ringan dan lucu.
Menurut saya komik ini sangat bagus sebagai referensi bagi Indonesia agar kedepannya kesatuan penyelamat kita bisa lebih diperhatikan lagi seperti KPLP (Komite Penjaga Laut dan Pantai) dan SAR. Karena wilayah Indonesia masuk kawasan Ring of Fire dan juga lebih banyak daerah perairannya sehingga tidak menutup kemungkinan musibah seringkali terjadi. Selain itu, terdapat banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari setiap ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar