Sabtu, 27 Desember 2014

Contoh Drama Satu Babak



Drama satu babak adalah drama yang dilakukan pada satu tempat/babak/latar. Berikut adalah contoh dari drama satu babak.

Kehilangan Kalung

Siang hari sepulang sekolah, Bintoro, Tyas, dan Dewi masih berada di didalam kelas. Mereka sedang mengerjakan tugas kelompok untuk besok. Tiba-tiba datang Lulu ke dalam kelas sambil mengangis tersedu-sedu.

Lulu     : (Mengambil tempat duduk dibarisan depan) “Hu hu hu.”
Bintoro, Tyas, Dewi     : (Menghampiri meja Lulu)
Tyas     : “Lulu, kamu kenapa nangis?”
Lulu     : (Terisak) “Kalung ibuku hilang.”
Dewi    : “Terus kenapa kamu nangis? Kan yang hilang kalung ibu kamu.” (heran)
Lulu     : “Tadi kan aku bawa kalungnya ke sekolah, terus pas jam istirahat, kalungnya sudah hilang!”
Bintoro : “Siapa suruh bawa kalung orang.”
Lulu     : (Sewot) “Ih! Kan kalungnya buat drama tadi!”
Tyas     : “Kamu udah nyari di tas belum? Mungkin nyelip.”
Lulu     : “Udah. Berkali-kali malah.” (memasang muka memelas)
Dewi    : “Di kolong meja?”
Lulu     : “Udah.”
Bintoro : “Di kolong meja yang lainnya?”
Lulu      : “Udah juga. Emang kalian gak lihat aku keliling-keliling meriksa semua kolong meja?”
Bintoro, Tyas, Dewi     : (Menggeleng)
Lulu     : (Menutup wajahnya dengan kedua tangannya) “Kalau begini nanti aku gak bakal dikasih uang jajan!”
Dewi    : “Ibu kamu lebay amat sampai uang jajan dipotong segala.” (heran)
Lulu     : “Soalnya itu kalung emas asli.”
Bintoro, Tyas, Dewi     : (Serempak) “Oh.”
Bintoro : “Jangan-jangan ulahnya si Eli lagi!” (mengacungkan jari telunjuknya)
Dewi    : “Bener juga, si Eli kan maling kelas kita!”
Tyas     : “Hei, gak boleh kayak gitu.”
Bintoro : “Tapi kan, kenyataannya begitu!”
Dewi    : “Baru seminggu yang lalu dia ketahuan mencuri hp-nya si Sabrina.”
Tyas     : “Tapi ka dia sudah buat perjanjian sama sekolah, ya kali gak kapok-kapok juga.”
Bintoro : “Mungkin aja Ty.”
Tyas     : “Lu, coba kamu ingat-ingat. Kalau gak salah kalung ibu kamu kan kamu kasih pinjam ke teman-teman. Mungkin kamu lupa mintanya?”
Lulu     : (Mencoba mengingat-ingat) “Hmm, tadi yang minjam itu si Gabriel, Merry, Latinka, Haikal, Naomi, sama si Bintoro”
Dewi    : “Yang terakhir pinjam siapa?”
Lulu     :  “Antara Bintoro sama Naomi. Aku lupa.”
Dewi    : “Toro, kalungnya udah kamu balikin belum? Kalu udah biar kita telepon Naomi.”
Bintoro : “Udah lah! Emangnya aku Eli apa?” (Sewot)
Tyas     : “Coba aku telepon Naomi dulu, ya!” (menelepon Naomi)
Dewi    : “Gimana Ty?”
Tyas     : (Memutus sambungan telepon) “Katanya dia udah balikin tuh ke Lulu.”
Bintoro : “Berarti benar yang mengambil kalung ibu kamu tuh si Eli!”
Tyas     : “Hush! Jangan asal nuduh begitu.”
Dewi    : “Tadi kalungnya kamu tinggal di kelas gak?”
Lulu     : “Aku bawa terus kok. Kenapa?
Dewi    : “Enggak, tadi pas istirahat aku lihat si Eli duduk ditempat duduk kamu. Takutnya dia ngambil kalung ibu kamu pas istirahat tadi.”
Bintoro : (Bingung) “Kalau kamu bawa terus kalungnya, kenapa bisa hilang?”
Lulu     : “Aku juga gak tahu. Tiba-tiba udah hilang.” (mulai putus asa)

Tiba-tiba hp Tyas berbunyi.

Dewi    : “Kenapa Ty? Disuruh pulang ya?”
Tyas     : (Membaca SMS) “Ini dari Naomi. Katanya: yang terakhir pinjam itu Bintoro, coba tanyain ke dia deh.”
Bintoro : “Kan tadi udah balikin.”

Hp Tyas berbunyi kembali.

Tyas     : (Membaca SMS) “Dari Naomi juga, katanya: pas istirahat aku lihat dia megang kalungnya Lulu. Mungkin dia lupa balikin.”
Lulu     : “Tapi kata Bintoro tadi udah dia balikin. Aduh! Gimana nih?” (mulai panik)
Bintoro            : (Tiba-tiba teringat sesuatu) “Kayanya aku tahu deh dimana kalung ibu kamu itu.” (merogoh tas-nya kemudian memberikan sebuah kalung ke Lulu)
Lulu     : (Memekik senang) “Ini kalung ibu aku!”
Tyas     : “Yee si Bintoro, bikin orang susah aja!”
Dewi    : “Tau tuh!”
Bintoro : (Nyengir) “Maaf ya, gak sengaja masuk tas kok! Sumpah!”
Lulu     : “Hampir aja aku gak dapat uang jajan gara-gara kamu!”

Setelah itu, Tyas, Dewi, Bintoro, dan Lulu membereskan barang-barang mereka, kemudian pulang ke rumah masing-masing. Dan yang paling terlihat senang tentu Lulu karena uang jajannya tidak akan dipotong.

TAMAT

2 komentar: