Selasa, 05 Desember 2017

15 Area Pengendalian

V-class Postest Analisis Kinerja Sistem
Kendali dan Audit Sistem Informasi

Soal:
Pengendalian TI didefinisikan sebagai suatu pernyataan hasil yang diinginkan atau maksud yang dicapai oleh prosedur pengendalian implementasi dalam kegiatan TI khusus. 
Terdapat 15 area pengendalian, sebut dan jelaskan.


Jawaban:
1. Integritas Sistem 
    a. Ketersediaan dan kesinambungan sistem komputer untuk user 
    b. Kelengkapan, Keakuratan, Otorisasi, serta proses yang auditable 
    c. Persetujuan dari user atas kinerja sistem yang di inginkan 
    d. Preventive maintenance agreements untuk seluruh perlengkapan 
    e. Kesesuaian kinerja antara S/W dan jaringan dengan yang diharapkan 
    f. Serta adanya program yang disusun untuk operasi secara menyeluruh 

2. Manajemen Sumber Daya 
    a. Faktor-faktor yang melengkapi integritas sistem 
    b. Yaitu meyakini kelangsungan (ongoing) H/W, S/W, SO, S/W aplikasi, dan komunikasi jaringan          komputer, telah di pantau dan dikelola pada kinerja yang maksimal namun tetap dengan biaya              yang wajar. 
    c. Hal-hal tersebut di dokumentasikan secara formal, demi proses yang berkesinambungan

3. Pengendalian Perubahan S/W Aplikasi dan S/W sistem 
    a. Menentukan adanya keterlibatan dan persetujuan user dalam hal adanya perubahan terhadap s/w          aplikasi dan s/w sistem 
    b. Setiap pengembangan dan perbaikan aplikasi harus melalui proses formal dan di                                  dokumentasikan serta telah melalui tahapan-tahapan pengembangan sistem yang dibakukan dan          disetujui.

4. Backup dan Recovery 
    a. Demi kelangsungan usaha, harus tersedia data processing disaster recovery planning (rencana              pemulihan data dan pusat sistem informasi apabila terjadi kehancuran)
    b. Baik berupa backup dan pemulihan normal, maupun rencana contingency untuk kerusakan                  pusat SI (lokasi gedung, peralatanya, SDM-nya maupun manualnya).

5. Contigency Planning 
    a. Perencanaan yang komprehenshif di dalam mengantisipasi terjadinya ancaman 
    b. terhadap fasilitas pemrosesan SI 
    c. Dimana sebagian besar komponen utama dari disaster recovery plan telah dirumuskan dengan              jelas, telah di koordinasikan dan disetujui, seperti critical application systems, identifikasi                    peralatan dan fasilitas penunjang H/W, sistem S/W dan sebagainya.

6. System S/W Support 
    a. Pengukuran pengendalian dalam pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan dari S/W SO,            biasanya lebih canggih dan lebih cepat perputarannya dibandingkan dengan S/W aplikasi.                    Dengan ketergantungan yang lebih besar kepada staf teknik untuk integritas fungsionalnya 
    b. Pengukuran kendali pengamanan aplikasi individu maupun pengamanan logika sistem secara              menyeluruh (systemwide logical security)

7. Dokumentasi 
    a. Integritas dan ketersediaan dokumen operasi, pengembangan aplikasi, user dan S/W sistem 
    b. Diantaranya dokumentasi program dan sistem, buku pedoman operasi dan schedule operasi
    c. Untuk setiap aplikasi sebaiknya tersedia dokumentasi untuk tiap jenjang user.

8. Pelatihan atau Training 
    a. Adanya penjenjagan berdasarkan kemampuan untuk seluruh lapisan manajemen dan staf, dalam          hal penguasaannya atas aplikasi-aplikasi dan kemampuan teknisnya 
    b. Serta rencana pelatihan yang berkesinambungan

9. Administrasi 
    a. Struktur organisasi dan bagannya, rencana strategis, tanggungjawab fungsional, job description,          sejalan dengan metoda job accounting dan/atau charge out yang digunakan 
    b. Termasuk didalamnya pengukuran atas proses pengadaan dan persetujuan untuk semua sumber            daya SI. 

10. Pengendalian Lingkungan dan Keamanan Fisik 
      a. Listrik, peyejuk udara, penerang ruangan, pengaturan kelembaban, serta kendali akses ke                   sumber daya informasi 
     b. Pencegahan kebakaran, ketersediaan sumber listrik cadangan, c. Juga pengendalian dan backup           sarana telekomunikasi 

11. Operasi 
      a. Diprogram untuk merespon permintaan/keperluan SO 
      b. Review atas kelompok SO berdasarkan job schedulling, review yang terus-menerus terhadap              operator, retensi terhadap console log message, dokumentasi untuk run/restore/backup atas                  seluruh aplikasi 
      c. Daftar personel, dan nomor telepon yang harus dihubungi jika muncul masalah SO, penerapan            sistem sift dan rotasi serta pengambilan cuti untuk setiap operator

12. Telekomunikasi 
      a. Review terhadap logical and physical access controls
      b. Metodologi pengacakan (encryption) terhadap aplikasi electronic data interchange (EDI) 
      c. Adanya supervisi yang berkesinambungan terhadap jaringan komputer dan komitmen untuk                ketersediaan jaringan tersebut dan juga redundansi saluran telekomunikasi.

13. Program Libraries 
      a. Terdapat pemisahan dan prosedur pengendalian formal untuk application source code dan                    compiled production program code dengan yang disimpan di application test libraries                          development 
      b. Terdapat review atas prosedur quality assurance

14. Application Support 
      a. Bahwa proses tetap dapat berlangsung walaupun terjadi kegagalan sistem 
      b. Sejalan dengan kesinambungan proses untuk inisiasi sistem baru, manajemen 
      c. proyek, proses pengujian yang menyeluruh antara user dan staf SI 
      d. Adanya review baik formal maupun informal terhadap tingkat kepuasan atas SDLC yang                    digunakan.

15. Microcomputer Controls 
      a. Pembatasan yang ketat dalam pengadaan, pengembangan aplikasi, dokumentasi atas aplikasi                produksi maupun aplikasi dengan misi yang kritis, sekuriti logika, dan fisik terhadap                            microcomputer yang dimiliki
     b. Serta pembuatan daftar inventaris atas H/W, S/W, serta legalitas dari S/W untuk menghindari               tuntutan pelanggaran hak cipta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar